Kaca Tempered

CV Berkah Lestari jaya memjual produk kaca tempered, Apa itu kaca tempered ? Kaca tempered merupakan kaca biasa yang dipanaskan sampai suhu tertentu agar tidak tajam jika pecah dan aman dipasang pada bangunan. Kami www.pasangaluminiumkaca.com menjual kaca tempered costum sesuai ukuran yang merupakan salah satu produk nya

Kaca Tempered

CV Berkah Lestari jaya memjual produk kaca tempered, Apa itu kaca tempered ? Kaca tempered merupakan kaca biasa yang dipanaskan sampai suhu tertentu agar tidak tajam jika pecah dan aman dipasang pada bangunan. Kami www.pasangaluminiumkaca.com menjual kaca tempered costum sesuai ukuran yang merupakan salah satu produk nya

Apa itu kaca ?

Kaca adalah : benda terbuat dari proses campuran pasir kuarsa yang dipanaskan sehingga menjadi tembus pandang, mengkilap, namun bisa pecah.

Kaca yang sudah  ada semenjak  1440 tahun lalu pada zaman nabi Sulaiman A.S. seperti dalam surat An-Naml ayat 44  Sekarang kaca sudah dibuat dipabrik dengan berbagai merk dengan agen distributornya diseluruh nusantara. Bahkan sekarang innovasi produk dan proses perlakuan terhadap kaca sudah banyak dikembangkan. sejarah dan asal usul kaca tidak diketahui secara pasti kapan ditemukanya

Kaca digunakan untuk perabotan, bahan bangunan, akseosris untuk keindahan dan sebagainya.

Ada 2 kategori besar kaca, kaca berbentuk ( non flat ) dan kaca datar ( flat ).

Kaca Berbentuk ( non flat )

Kaca berbentuk atau non flat yaitu kaca yang bentuk nya beraneka ragam dan tidak rata. Biasanya dipakai untuk keindahan, barang seni atau dekorasi. contoh nya : Botol, Vas bunga, piring, gelas, piala, glass block dll.

kaca berbentuk

Kaca  flat ( datar )

kaca flat yaitu yang permukaannya datar dan cenderung tipis, tidak lebih dari 3 cm. Untuk kategori ini favorite digunakan dalam bangunan untuk partisi luar dan bagian dalam tapi tidak menghalangi pandangan.

Untuk mengetahui berat kaca flat bisa dihitung Formula atau Rumus Menghitung berat kaca disediakan oleh pabrik kaca.

Jenis Kaca Flat Untuk Bangunan :

Jenis kaca flat ini bisa dibeli di toko bangunan dan toko kaca disekitar daerah anda, mencari kaca ini tidaklah sulit karena seperti analogi membeli alat listrik ke toko listrik, dan membeli kaca di toko kaca.

Kaca polos ( Clear )

kaca flatKaca ini tidak berwarna karena dibuat agar pandangan lebih terang. Kaca ini adalah yang harga paling murah dan paling laku, ketebalan nya dari 3 mm, 4 mm ( 5 mm banci ), 5 mm, 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm. dan juga bisa costumize ketebalan kaca samapai 25 mm sesuai kebutuhan, otomatis dengan minimun kuantiti dan harga special..!!!

Kaca warna ( Tinted )

kaca warna

Kaca ini memiliki warna dan tidak seperti kaca polos yang berwarna bening. Teknik pewarnaan kaca ada 2 macam :

  1. Mebuatkaca dengan material pasir dan campuran nya dengan menambahkan pewarna pada campuran tersebut.
  2. Bisa juga dengan mewarnai kaca polos yang sudah jadi dengan berbagai macam dan teknik proses coating permukaan kaca dengan mesin mesin modern sehingga menjadikan kaca warna. cara kedua ini lebih disuka pabrik kaca karena hasil warna yang dihasilkan cenderung identik.

Contoh kaca warna adalah :

  1. Rayban
  2. Oneway
  3. Reflektif
  4. Stopsol
  5. Panasap
  6. Sunergy
  7. Sigma
  8. Planibel
  9. GT-Sunlux
  10. Stopay

Harga kaca warna ini lebih mahal dari pada kaca clear. karena ada tambahan formula yang detail dalam proses memberikan warna yang konsisten. memiliki ketebalan yang sama dengan kaca polos. Harga kaca warna ini sudah terasa mahal ketika mendengar harga per m2 nya baru sampai 8 mm. belum lagi 10 mm atau 12 mm. Harganya mulai dari 150 ribu rupiah / m2,

Kaca Cermin / Mirror.

Cermin adalah kaca flat polos yang dicat dengan air raksa. tapi ini adalah pelajaran anak SD dauhlu. zaman sekarang raksa tersebut sudah bisa diganti dengan material lain yang lebih murah dan effisien. Ketebalan cermin yang ready stock di toko toko kaca mulai dari 3 mm sampai 6 mm.

Macam macam warna cermin :

  1. Bronze Mirror
  2. Grey Mirror
  3. Clear Mirror
  4. Gold Mirror

Warna cermin di atas diberi nama oleh supplier masing masing. warna yang sama dengan supplier merk yang berda akan ada perbedaan warna pada fisik kaca. Bahkan sampai ke batch produksi merk dan type warna yang sama. untuk itu dipastikan supplier merk dan type warna

Kaca Texture

Kaca textureKaca texture ini adalah membuat kaca yang permukaannya licin menjadi kasar dengan motif tertentu. bisa dilakukan dengan cara grafir. Kaca ini kebanyakan dipakai untuk interior dan dekorasi ruangan. beberapa contoh kaca texture :

  1. Kaca es. kaca ini disebut juga kaca buram.
  2. Kaca rain drop ( motif air hujan )
  3. Kaca grafir motif yang sesuai keinginan ( pattern )
  4. Kaca sunblast semprot, dengan menyemprotkan cat khusus pada permukaan kaca untuk menghasilkan warna
  5. Kaca Glasstone
  6. Kaca Patri
  7. Kaca Inlay

Teknologi Finishing Kaca

Teknologi finishing kaca ini adalah merekayasa kaca yang sudah jadi dengan tujuan tertntu oleh pabrik khusus untuk finishing kaca. Kita ketahui ada 2 jenis pabrik kaca.

  1. Memproduksi kaca dari bahan baku pasir kuarsa seperti Asahimas, Mulya, Tosca, dll.
  2. Memfinishing kaca yang sudah jadi tadi dengan berbagai macam rekayasa teknologi untuk tujuan tertentu. Bisa keamanan, keindahan,  warna dengan brand, pantulan dari panas dll.

Insulated glass / Double Glass / Kaca Double

insulated glassKaca Insulated atau double glass adalah Proses menggabungkan 2 lembar kaca bisa juga 3 lembar kaca  dan direkatkan menjadi 1  tapi ada celah atau rongga antara 2 kaca sekitar 1 cm sampap 2,4 cm/ kaca ini bertujuan untuk mengatasi kebisingan, mengurangi masuk nya panas atau dingin kesalah satu sisi dengan membuat frame disekeliling kaca. Biasanya dilakukan di pabrik finishing kaca.

kaca double glass dimanfaatkan untuk

  1. Membuat kaca kulkas freezer. kaca lemari pendingin tidak kelihatan berembun dan isi dalam lemari pendingin kelihatan jelas
  2. Ruangan studio musik. untuk mengurangi rambatan suara

Kaca Laminate

kaca laminateKaca laminate adalah menempel 2 lembar kaca atau lebih dengan lem khusus yang disebut PVB. kaca laminate termasuk bagian dari secure glass ini dibuat dengan maksud keamanan.

apabila kaca nya pecah tidak jatuh. tapi menempel satu sama lain dan tetap menggantung. jadi ketika kaca laminate ini pecah bentuk nya seperti tembok yang retak. dan mudah untuk dicopot. bayang kan jika kaca tebal yang pecah mencopot nya penuh dengan resiko Kaca laminate

Beda kaca laminate dengan kaca insulated adalah celah antara kaca nya. Laminuate dengan PVB sementara insulated glass dengan udara,

Kaca Tempered

Kaca tempered adalah proses pembuatan kaca biasa menjadi kaca secure glass dengan cara dipanaskan. pemanasan dengan oven dengan suhu tertentu membuat molekul dan struktur  kaca biasa berubah. Perubahan susunan molekul kaca ini akan membuat kaca ini ketika pecah berbentuk pecahan kecil yang tidak melukai.

Kaca tempered di proses di pabrik, bahan baku nya bahan kaca bisa yang bisa di beli di toko toko kaca. Bahan tadi di berikan panas melalui  oven untuk memanaskan kaca, dan membuat molekur struktur susunan kaca berubah dan ketika pecah tidak tajam dan runcing tapi berbentuk butiran jagung. pecahan kaca tersebut tetap bisa melukai, tapi tidak menjadikan luka serius dan harus mendapat penangan segera.

Kaca Reflektif

Reflektif glassAda pabrik yang bisa mengcoating dengan dengan cara rahasia nya agar warna dari kaca tersebut costum menyesuaikan selerea. Perusahan besar tidak segan segan mengeluarkan dana besar untuk membuat kaca yang warna nya identik dengan warna brand yang mereka pakai. Disamping warna, kemampuan kaca tersebut memantulkan panas, reflektif yang dipantulkan juga menjadi tujuan proses ini.

Kaca reflektif ini ada 2 metode, pertama menempel stiker dibagian belakang kaca dan mencoating kaca tersebut dengan mesin terknologi german sehinggi memantulkan cahaya.

Semua perlakuan terhadap kaca ini biasanya bisa dilakukan oleh pabrik kaca yang non produksi

 

Pernah kita melihat kaca biasa yang pecah ? bagaimana potongan kaca tersebut ? jika saat pecah terkena orang akan menyebabkan luka serius.

Karena sudah aman, kaca tempered digunakan untuk Pintu kaca, ruang keluarga atau tempat pelayanan umum yang memungkinkan kaca pecah.

Kaca Tempered adalah salah satu hasil teknologi finishing kaca flat menjadi aman / Secure ketika pecah  melalui pemanasan.

proses pemanasan thermal di mana kaca dipanaskan sampai pada titik lunak kemudian didinginkan dengan cepat. Dengan proses pendinginan yang cepat membuat kaca memiliki kelenturan dan kekuatan yang baik terhadap tekanan di kedua sisi permukaan kaca.

Pemanasan ini membuat kepingan kaca kaca tadi menjadi kecil kecil dan ringan, kecil dan ringan ini jika terkena orang tidak akan luka serius hanya saja luka bintik bintik saja. Karena luka sobek yang dalam yang sampai ketulang karena kaca yang berat.  kebanyakan costumer kami menyebut pecah jagung, pecah seribu.

Produk pemasangan kaca tempered ini paling banyak ditemukan pada sekat ruangan kantor atau partisi kaca.

Hukum
Menurut kami bahwa tidak ada satu pun kaca yang tidak bisa pecah. semua kaca pasti bisa pecah ( tergantung kekuatan yang membuat nya pecah ), kalau kaca terbuat dari plat besi, betul tidak bisa pecah tapi penyok

Informasi Teknologi Tempered

Teknologi finishing kaca ini diciptakan untuk membuat kaca ketika pecah tidak mebuat luka serius jika kena orang di sekitar nya. Hal ini jauh berbeda dengan kaca non tempered pecah yang pecahannya tajam dan runcing runcing dan lebih kuat, jika pecahan yang begitu mengenai org di sekitar nya akan terjadi luka sobek yang dalam bisa sampai ketulang karena kaca yang berat.

Kaca tempered di proses di pabrik namun pabrik yang tidak produksi bahan kaca seperti Asahimas, Mulya, Tosca. Melainkan pabrik yang mengolah kaca jadi dengan teknologi nya untuk menjadikan kaca aman saat pecah.

kaca pecahJika kaca tersebut sudah ditampered berarti secure dan aman kalau pecah tidak akan melukai anggota keluarga atau orang yang kebetulan ada disekitarnya. Pemanasan kaca menjadi Secure glass ini bisa menggunakan dari berbagai ketebalan, dari 5 mm 6mm 8 mm 10 mm 12 mm. Proses pemanasan kaca tempered dilakukan dipabrik khusus yang melayani pemanasan kaca biasa menjadi kaca tempered

Kelemahan dari kaca yang bisa pecah dan melukai bisa diatasi dengan proses ini. Kategori secure glass pada produk finishing  ini membuat pemilik bangunan bebas khawatir jika suatu kita kaca nya pecah, oleh karena itu secure glass ini banyak sekali digunakan untuk pembuatan perabot dan produk-produk lainnya yang terbuat dari kaca. Semua kaca yang dilubangi harus melewati proses ini. Karena bekas lobang / coakan tadi adalah pemicu dan titik awal crack nya. Pemanasan ini membuat nya lebih kuat dan tidak rantan pecah.

Penemuan Tempered

kaca pecah

Metode tempering kaca pertama kali dikembangkan oleh Francois Barthelemy Alfred Royer de la Bastie dari Paris pada tahun 1830-1901, sehingga tidak aneh jika Kaca Tempered juga dikenal dengan sebutan dengan Bastie glass. Bukan Bestie Glass ya… karena kalo bestie glass boleh minta ga usah beli. haha

Metode tempering kaca selanjutnya dikembang oleh orang Jerman bernama Fredreich Siemans pada tahun 1877, dengan pengembangan proses yang berbeda mampu menghasilkan Kaca Tempered yang lebih kuat dari sebelumnya. Seluruh metode untuk membuat secure glass dipatenkan pertama kali oleh seorang kimiawan bernama Rudolph A. Seiden yang lahir pada tahun 1900 di Austria dan berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1935.

Secure glass membuat kaca pecah tidak mengakibatkan luka serius jika kena orang di sekitar nya. Hal ini jauh berbeda dengan kaca non tempered pecah yang pecahannya tajam dan runcing runcing dan lebih kuat, jika pecahan yang begitu mengenai org di sekitar nya akan terjadi luka sobek yang dalam yang sampai ketulang karena kaca yang berat. kebanyakan costumer kami menyebut pecah jagung, pecah seribu.

Produk secure glass memiliki kekuatan 4-5 kali lebih baik dibandingkan kaca biasa dengan ketebalan yang sama. Digunakan untuk jendela, pintu, dan partisi. Pintu Kaca, Ralling Tangga/Balkon, Partisi, Canopy Kaca, dan Pintu Shower Kamar Mandi.

Cara membedakan kaca tempered dan Kaca Biasa

  1. Pakai kaca mata yang ada polarized sunglases liat ke kacanya di bawah sinar matahari. Kalo ada pantulan pelangi di kacanya berarti kacanya tempered. Ini karena telah terjadi perubahan susunan struktur kaca setelah di tempred. Ini lah sebab nya kenapa di beberapa Negara dilarang pakai kacamata polarized pada waktu nyetir mobil. Soalnya pantulan pelangi dari kaca depan mobil juga harus dibuat tempered buat safety
  2. Label atau tanda produksi
  3. Warna kaca sedikit lebih buram dari kaca biasa
  4. Keliling kaca digosok halus dan tidak akan melukai kalau tergores
  5. Dipecahkan dan melihat hasil pecahan kaca jika pecahannya butiran jagung tidak lebih dari 3 cm x 3 cm,  tidsk tajam tajam, tidak runcing dan susah merobek kulit

Kelebihan

Kelebihan dibandingkan dengan kaca biasa dengan ketebalan yang sama adalah:

  1. Jenis ini memiliki kekuatan terhadap benturan 4-5 kali lipat dari kaca biasa
  2. Diklasifikasikan sebagai kaca dengan tingkat pengaman/safety yang baik. Ketika pecah kaca akan menjadi pecahan kecil yang tidak tajam, sehingga mengurangi resiko terjadinya cedera serius
  3. Lebih tahan terhadap perubahan suhu. Apabila terjadi pemanasan, bagian tepi kaca masih relatif dingin sehingga dapat mengurangi pemuaian kaca, ini menyebabkan kaca menjadi tidak mudah pecah karena perubahan suhu.

Kekurangan

Kaca ini bukan berarti tidak memiliki kekurangan, berikut beberapa kekurangannya

  1. Tidak bisa dipotong, apabila dipaksakan akan berakibat pecahnya seluruh bagian kaca.
  2. Retakan kecil pada bagian kaca bisa merambat ke seluruh bagian kaca yang berakibat kaca akan hancur total.
  3. Kaca tidak bisa dibor atau dilubangi. Proses membuat lubang atau coakan dilakukan sebelum proses
  4. Proses yang lama, rata rata waktu proses tempered berkisar 7 hari sampai 14 hari.
  5. Harga lebih mahal karena ada extra perlakuan pemanasan pada kaca yang sudah jadi

Contoh Pecahnya

Pernah kami temui penggantian partisi kaca tempered yang pecah setelah sekian lama terpasang. Kaca pecah tgerjadi karena benturan atau getaran. pecahan kaca nya bisa dilihat pada gambar ini

Kaca tempered jika pecah
Partisi kaca yang pecah

Dapat kita bayangkan jika kaca non tempered yang pecah berupa sudut sudut runcing dan tajam yang ketika kaca jatuh akan membahayakan orang disekitar nya. Waw..!!

Kaca Tempered pada Interior

Secure glass tadi menjadi keunggulannya untuk dipasang dalam ruangan dan berdekatan dengan orang.

Kita maklumi bahwa jika berdampingn dengan kaca sesuatu itu menjadi mewah, setuju ?

Makanya bayak produk interior dan exterior dari kaca tempered seperti :

Partisi kaca

partisi kaca 12 mm tempered

Pintu kaca

Pintu kaca

Kaca shower

Pintu kaca shower Sliding

Kanopi 

Kanopy kaca

 

Railing Tangga

 

Harga kaca tempered

Setelah mengetahui kelebihannya, banyak produk interior dan exterior menggunakannya.
Modern, minimalis, indah, “Luxury” keunggulan kaca tempered jika dipasang tanpa frame alias Frameless
Kaca tempered

Ukuran Tebal Kaca dalam milimeter ( mm )

Harganya tergantung ketebalan, Kaca tebal 3 mm, 4 mm, 5 mm, 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12mm, 15 mm, 18 mm bisa di proses tempered di pabrik .

Ukuran kaca paling kecil yang bisa di tempered adalah 35 cm x 10 cm dengan ketebalan 5 mm sampai 12 mm. Kenapa ? karena settingan mesin nya khusus untuk kaca bangunan. beda dengan setting mesin tempered buat arloji atau pelundung lcd hp.

Tabel Harga Kaca tempered

Harga kaca tempered 12 mm Rp. 950.000 ,- 
Harga kaca tempered 10 mm Rp. 850.000,-
Harga kaca tempered8 mm Rp 750.000,-
Harga kaca tempered 6 mm Rp 650.000,-
Harga kaca tempered 5 mm Rp 550.000,-
Ketebalan  15 mm ke atas Call Us
Update harga  per m2. Mei 2022 Dalam proyek pesan kaca biasanya dipasang oleh spesialis kontraktor. Dikarenakan orang tukang pekerjaansipil jarang yang bisa memasang kaca. Dalam sebuah tender biasanya di syaratkan pemasangan kaca oleh kontraktor spesialis bersertifikasi atau mempunyai tenaga ahli khusus kaca. Harga jasa pasang tergantung dari :
  1. Untuk produk apa kaca termpered tersebut diperlukan ?
  2. Lokasi pemasangan ( banyak lantai )
  3. Quantity
  4. Cara pembayaran.
Kirim kami Foto / VIdeo lokasi yang akan di pasang, kami akan memberikan penawaran online lewat Whatsapp harga terpasang. its Easy right…?
Kami menerima jasa servis kaca dan pemasangan yang baru. Jasa service kaca dibutuhkan untuk beberapa masalah yang ada pada kaca :
  1. Kaca pecah
  2. Kaca expire
  3. Sealent kaca bocor
  4. Jasa bongkar pasang kaca dalam rangka pindah kantor. Membongkar di tempat lama, membawa, dan memasang ditempat yang baru.
  5. Kaca berkarat, ini biasanya di temukan pada kaca oneway dan cermin
Expire Glass
Share n subscribe
Whatsapp
Selain survey kelokasi cara cepat cek harga dengan kirimkan kami foto. Kami akan Estimasi harga dan langsung kirim penawaran.