Pintu Kaca Tempered

Promosiin dan Share in dong om. Terima Kasih om
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pintu Kaca Tempered

Pintu Kaca Tempered ini adalah pintu dari bahan kaca dengan memakai beberapa accesories floorhinge, menggunakan kaca 10 mm sampai 12 mm dan harus tempered. Beberapa nama dan istilah pintu di bawah ini adalah sama. sama sama pintu yang terbuat dari kaca. cuman penamaan dan istilah masih masih orang berbenda. karena ada accesories yang menempel pada pintu tersebut. Masing masing daerah mempunyai penyebutan yang berbeda terhadap pintu ini. Pintu kaca ini tidak lagi memerlukan door closer. karena fungsi door closer sudah tergantikan oleh floorhinge sekaligus

Model bukaan pintu kaca ada yang swing ( melayang ) dan sliding ( dorong ). masing masing memeliki lebihan dan kekurangan.

Pintu kaca tempered

Pintu kaca tempered

Kenapa pintu kaca tempered :

  1. Setebal apapun kaca selalu akan bisa pecah. Kalau terbentur kuat pintu nya pecah, pecahan kacanya berbentuk pecahan jagung, pecahan kaca jagung tersebut lebih aman dari pada pecahan runcing dan tajam seperti pecahan kaca non tempered.
  2. Proses tempered membuat kaca lebih resistensi sekaligus lebih lebih kuat untuk pecah
  3. Kaca pintu yang lobangi untuk handle pintu, cenderung pemicu untuk pecah. Rekomendasi pabrik kaca, setiap kaca yang lobangi harus tempered.

Pintu Kaca Tempered Sliding

Bukaan pintu ini di dorong bukan di ayun ( swing ). Pintu ini cocok untuk pintu gerbang kareana tidak membutuhkan space kosong ketika pintu di buka. pintu ini tidak memiliki kunci / doorlock, jika pintu mau di non aktifkan bisa dengan memencet saklat untuk non aktif sensor. Pintu ini cocok dipakai untuk pintu ukuran jumbo.

Pintu Sliding otomatis

Pintu sliding otomatis banyak digunakan pintu gerbang pusat perbenlanjaan, Bandara dan kantor kantor pemerintahan. pintu sliding ini membuka dan menutup jika ada benda yang mendekati pintu yang terkena sensor.

Pintu kaca sliding tempered

Pintu kaca sliding tempered

Pintu Sliding non otomatis

Pintu sliding non otomais menggunakan dorongan tangan untuk membuka dan menutup nya. berbeda dengan pintu sliding otomatis yang menggunakan sensor untuk membuka dan menutup nya

Pintu Kaca Tempered Swing

Pintu kaca Patch Fitting

Pintu kaca patch fitting dinamakan karena pintu nya menggunakan patch fitting set untuk pegangan / joinan / penyambung pintu kaca dengan kusen nya atau opening nya ( jika tidak memakai kusen ).Pintu ini memakai kaca 10 mm – 12 mm. Untuk peangaplikasian pintu ini harus tempered. Pintu nya tidak memakai frame sama sekali. Koneksi antara pintu dengan opening bisa menggunakan parch fitting set. Jika opening pintu dari kaca, biasanya menggunakan patch fitting tipe PT 24 yang lazim di gunakan aplikator kaca. Hal ini berbeda penerapan pada tembok atau kayu yang memakai patch fitting pt 20.

Pintu Kaca Frameless

Pintu kaca frameless

Pintu kaca frameless karena pintu kaca pakai frame pada bagian atas dan bawah saja. lihat gambar biar lebih paham. Pintu ini tetap saja memakai floorhinge, handle. Pintu kaca ini menggunakan frame atas dan bawah saja. Kaca nya memakai kaca tebal 10 mm – 12 mm. Pintu floorhinge ini bisa dibuat non tempered. ( walaupun sangat tidak direkomendasikan )

Pintu kaca tempered

Pintu kaca tempered disebut karena pintu ini memakai kaca temeperd. hal ini sangan disarankan ( Diharuskan ) karena pintu yang bergerak terus, dengan proses coak, bor pada kacanya ( pemicu awal kaca pecah / retak ) dan selalui dilewati orang.

Pintu kaca non tempered

Pintu kaca non tempered disebut karena karena keterbatasan budget pintu ini dibuat non tempered. padahal harga nya tidak terpaut jauh. pintu kaca non tempered ini harus memakai frame atas dan bawah nya sebagai pengganti patch fitting set pada pintu kaca patch fitting

Pintu kaca florhinge

Pintu kaca floorhinge disebut karena pintu kaca itu emang memakai floorhinge sebagai engsel nya. engsel nya di tanam dilantai tidak seperti pintu kebanyakan yang memakai engsel kupu-kupu

Floor hinge atau engsel tanam

adalah salah salah satu aksesories atau perlengkapan yang sangat penting dalam pemasangan pintu kaca. Floorhinge itu sendiri adalah sebuah komponen yang kegunaan nya adalah sebagai pegangan dari pintu itu sendiri yang bertujuan agar pintu dapat membuka dan menutup.

Keunggulan dari floor hinge tersebut adalah:

1. Tidak banyak menggunakan bahan. 2. Pintu dapat dibuka dan di tutup 1800 3. Tampilan lebih elegan dan mewah 4. Bisa menahan bobot pintu yang berat

Kerugian dari pintu yang menggunakan floor hinge hanyalah dari harga yang sampai saat ini boleh dikatakan masih mahal bila dibandingkan dengan pintu konvensional. Kita dapat melihat komponen ini dalam pintu kaca, posisi dari floor hinge itu sendiri berada pada bawah pintu dan tertanam di lantai. Dalam satu set floorhinge atau engsel tanam terdapat 2 komponen yang memegang pintu itu sendiri, satu berada di bawah atau di tanam dilantai dan satu lagi di bagian atas sebagai penyeimbang yang di tanam pada pasangan bata diatas pintu.

Type dari floorhinge

Ringan dengan beban dengan beban maksimal 100 kg

  1. 1 Kg – 40 Kg
  2. 1 Kg – 50 Kg
  3. 1 g – 100 Kg

Sedang dengan beban maksimal 180 kg Berat dengan beban diatas 180 Kg.

* Pembagian kemampuan menahan beban diatas tergantung dari merek yang dipakai.

Pintu floorhinge bisa di pasang kan kepada opening yang terbuat dari tembok, gypsim, kayu, kaca dan acp ( aluminium composite panel ).

Cara pemasangan floor hinge

Pada tahap pertama pemasangan floorhinge lantai yang akan menjadi dudukan florhinge harus dibobok sesuai dengan ukuran floorhinge dan sejajar dengan permukan lantai. Jarak antara flooring dengan tiang dinding berjarak kira – kira 1 – 1,5 cm sehingga pintu dapat membuka dan menutup dengan leluasa. Setelah itu dudukan untuk engsel atas di pasang yang dudukannya mengikuti ukuran floorhinge bawah tegak lurus dengan floorhinge.

Secara teknis pemasangan floorhinge harus sejajar dengan permukaan dan tegak lurus terhadap engsel bagian atas agar pergerakan pintu tidak terhalang oleh permukaan dikarenakan settingan engsel tidak simetris dan presisi. Setelah floorhinge terpasang baru kemudian kaca di pasangkan ke floorhinge tersebut. Daya tahan floorhinge umumnya dapat mencapai 5 tahun tergantung dari merek semakin bagus semakin lama dan biasanya semakin mahal.

Floorhinge

Floorhingre merk dorma bts 84

Gambar Floorhinge

Beberapa merk Floorhinge

Merk floorhinge menentukan kualitas dan keawetan floorhinge. memiliki garansi 1 sampai 5 tahun. floorhinge dengan kualitas jelek akan cepat rusak hidrolik nya dan bocor, ini tidak bisa diservice lagi kecuali ganti baru. merk yang biasa nya dipakai adalah

  1. Floorhinge Geze ( German )
  2. Floorhinge Dorma
  3. Florrhinge Dekson
  4. Floorhinge Cisa
  5. Floorhinge Kolf

Daftar bahan dan accesories yang dibutuhkan untuk membuat pintu kaca frameless

  1. Kaca tempered
    • 10 mm atau 12 mm sesuai ukuran ( harus tempered untuk type ini )
  2. Handle .
    • Handle pintu kaca memiliki type berdasarkan AS. as itu adalah jarak antara lubang atas dan bawah baut handle dengan kaca. ada yang as nya 35 cm, 80 cm, dan 120 cm. itu menunjukan jarak antara baut atas dan bawah handle nya.
  3. Floorhinge ( engsel tanam )
    • Floorhinge ini adalah engsel yang dipakai untuk pintu frameless. karena engsel nya di tanam di lantai, dan satu nya lagi menanjap pada bagian atas kaca yang memegang kaca agar tetap lurus tidak bergeser. floorhinge ini bermacam type sesuai dengan berat kaca yang di topang
  4. Patch fitting set
    • Patch fitting set itu adalah bahan stanless yang menempel di pojokan pintu. patch fitting ini sebenar nya adalah joinan ( penyambung ) antar kaca dan material disamping kaca tersebut. fitting set biasa nya terdiri dari ( PT 10, PT 20, PT 40, US 10 )
0 comments on “Pintu Kaca Tempered
    1 Pings/Trackbacks for "Pintu Kaca Tempered"

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *